Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Anis Merah

Anis Merah Teler
Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Anis Merah - Karena anis merah adalah burung monomorfik, maka perbedaan jantan dan betina tidak bisa dibedakan dengan melihat ciri-ciri fisik yang terlihat.

Banyak “mitos” yang menyebutkan ciri fisik tertentu adalah menandakan jenis kelamin anis merah. Namun sesungguhnya sangat sulit menentukan jenis kelamin anis merah dewasa hanya berdasar pengamatan.
Meski demikian ada patokan yang sering digunakan orang untuk memilihnya meski tidak akurat 100%. Misalnya, anis merah jantan memiliki warna merah yang lebih terang dan tajam ketimbang anis merah betina. demikian pula dengan warna hitamnya lebih legam.

Ada juga cara menentukan jenis kelamin anis merah dengan meraba kloaka untuk mengetahui kerapatan tulang supitnya. Jika rapat dan terasa runcing, jantan. Jika agak lebar dan lembek, betina.

Sementara perbedaan lain bisa dilihat dari perilakunya. Anis merah jantan akan terluhat mendongak-dongakkan kepala jika bertemu anis merah lain. Sedangkan anis merah betina tidak menunjukkan perilaku demikian. Kalau anis merah betina sedang birahi, maka jika bertemu anis merah jantan yang sedang bernyanyi atau teler, dia akan mengetar-getarkan sayap dan mendongak sembari bersiul ciiirrr….

Semoga artikel  Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Anis Merah diatas dapat memberikan petunjuk agar anda tak salah membeli burung anis merah.

1 komentar:

Unknown said...

Pengganti jangkrik, ulat dan serangga hidup lainnya sebagai extra fooding burung anis. Praktis, lebih higienis, teruji kandungan nutrisinya,lebih mudah di cerna dan terbukti di sukai oleh anis merah

Pengganti jangkrik, ulat dan serangga hidup lainnya sebagai extra fooding burung anis

Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk burung anis kesayangan anda

Post a Comment

 

Gudang Cerita